Perizinan PIRT (Bagian 2) – Penyuluhan Keamanan Pangan

Halo semuanya!

Kembali lagi di artikel mengenai perizinan PIRT. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan izin PIRT dan mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) di daerah Kabupaten Tangerang. Kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan nomor PIRT terebut, yaitu Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan.

Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan didapatkan setelah produsen mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan. Lokasi Dinas Kesehatan untuk penyuluhan yang diikuti tidak diwajibkan untuk berada di lokasi yang sama dengan pengajuan PIRT. Seperti kelompok kami yang sedang mengajukan perizinan PIRT ke Kabupaten Tangerang, kami mengikuti Penyuluhan Keamanan Pangan di Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.

PKP biasanya dilaksanakan selama 1-2 hari di Dinas Kesehatan setempat. PKP yang kelompok kami ikuti di Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat dilaksanakan selama 2 hari, sedangkan berdasarkan informasi yang diberikan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, pelaksanaan PKP setempat hanya dilaksanakan selama 1 hari. PKP dilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, demonstrasi, pemutaran video, dan lainnya yang dilakukan untuk menyampaikan informasi tentang keamanan pangan dengan baik. Selain itu, dilakukan juga post-test PKP untuk mengevaluasi pengetahuan peserta PKP pasca-penyuluhan. Peserta PKP diwajibkan untuk mendapatkan nilai 60 agar dapat dinyatakan lulus dari PKP.

Materi yang disampaikan saat PKP berupa materi utama dan materi pendukung. Materi utama dari PKP, yaitu :

  1. Peraturan perundang-undangan di bidang pangan
  2. Keamanan dan Mutu Pangan
  3. Teknologi Proses Pengolahan Pangan
  4. Prosedur Operasi Sanitasi yang Standar (SSOP)
  5. Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT)
  6. Penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP)
  7. Persyaratan Label dan Iklan Pangan

Sedangkan untuk materi pendukung berisikan pencantuman label halal, etika bisnis, dan pengembangan jejaring bisnis industri rumah tangga pangan.

Kelompok Lili sudah mengikuti PKP yang dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat pada tanggal 26-27 April 2017. Sertifikat PKP juga sudah dikeluarkan dari pihak Dinas Kesehatan pada tanggal 16 Mei 2017.

Serifikat PKPFoto Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan ‘PAPAYEK’

Demikian informasi mengenai Penyuluhan Keamanan Pangan sebagai salah satu syarat untuk pengajuan izin PIRT. Untuk informasi selanjutnya akan saya sampaikan di artikel selanjutnya yaa!

Keep reading!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s