Label Produk yang Memenuhi Persyaratan

Halo semuanya!

Pada postingan sebelumnya, saya sudah ada menyinggung sedikit mengenai label produk. Label produk tidak hanya mementingkan aspek estetika seperti yang selama ini kita kira. Namun ternyata label produk pangan harus memuat informasi mengenai produk sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Seperti yang sudah saya sampaikan, saat inspeksi lokasi produksi Papayek yang dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan dan BPM-PTSP Kabupaten Tangerang, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan perbaikan, salah satunya adalah perbaikan label produk.

Pada saat itu label produk kami dianggap belum memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diatur dalam PP Nomor 69 tahun 1999 tentang Pangan. Berdasarkan peraturan tersebut, label produk pangan yang baik sekurang-kurangnya harus memuat keterangan sebagai berikut

  1. Nama produk
  2. Daftar bahan yang digunakan atau komposisinya
  3. Berat bersih atau isi bersih
  4. Nama dan alamat pihak yang memproduksi
  5. Nomor P-IRT
  6. Tanggal kadaluarsa dan kode produksi

Menurut petugas Dinas Kesehatan, label produk kami tulisannya terlalu kecil, lalu tidak ada lokasi produksi, dan tidak terdapat jenis produk pangannya. Oleh sebab itu, kami melakukan perbaikan label produk Papayek. Setelah dilakukan perbaikan label, pada akhirnya label kami diterima oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Berikut adalah label dari produk kelompok kami yaitu Papayek.

final label

Sampai sini dulu penjelasan saya mengenai label produk. Saya berharap nanti saat teman-teman pembaca mau membuat label produk pangan, teman-teman dapat membuatnya sesuai persyaratan yang berlaku.

Keep reading!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s